Freitag, 2. Januar 2015

KUMPULAN STATUS BULAN DESEMBER 2014 m

424. CAMBUK HATI

Lebih dari sekali saya mendengar Syaikh Anis Thahir -hafidzahullah- mengatakan, "Diantara pemandangan yang sangat menyedihkan saat ini adalah "Shaf pertama dimasjid-masjid kita hanya diisi oleh orang-orang awam yang kadang bacaan Al-Fatihahnya saja masih perlu diperbaiki, atau oleh para lansia yang memang telah memilih hidup untuk ibadah.
Lalu kemana para ustadz..?
Kemana para penuntut ilmu..?
Bukankah mereka adalah kudwah..?
Bukankah kita pernah mendengar atau membaca fulan bin fulan tidak pernah meninggalkan shaf pertama selama 30 tahun, atau fulan bin fulan dalam kisah lain yang semisal.?
Mana atsar ilmu.?
Itu karena ilmu dituntut semata-mata untuk ilmu saja, bukan untuk mentazkiyah diri atau untuk taqarrub kepada Allah azza wa jalla. Maka tidak heran bila ada diantara ummat ini yang mirip dengan yahudi, yaitu mereka yang mengetahui namun tidak beramal dengan apa yang mereka ketahui.

Bercermin kembali....
_______________
-/-/-/-




433. Mungkin Kita Adalah Bagian Dari Mereka

Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab At Tamimi mengatakan:

الأمور التي يحرص عليها أهل الدنيا قد تكون عقوبة ومحنة والجاهل يظنها نعم مثل المال والجاه وطول العُمر .

"Hal-hal yang berusaha digapai oleh ahli dunia boleh jadi merupakan hukuman atau ujian, namun orang-orang bodoh menganggapnya nikmat. Seperti harta, kedudukan dan umur yang panjang"
(Ad Durr : 13/ 183)
______________
Madinah 17 shafar 1436 H
ACT El Gharantaly


000. KIAT MENJADI PENGUSAHA SUKSES

Suatu hari seseorang pernah bertanya kepada Abdurrahman bin Auf -radhiallahu anhu-, "Apa saja kiat-kiat anda hingga bisa sekaya ini..? Abdurrahman bin Auf menjawab, "Dulu.. Aku selalu ridho dengan keuntungan yang sedikit".

Dalam menjalankan usaha, yang paling penting adalah keberkahan rezeki, bukan besarnya keuntungan.
Banyak orang yang keuntungannya sedikit, namun Allah memasukkan kekayaan lain di dalam hatinya. Sebaliknya, banyak orang yang keuntungannya banyak, namun Allah mencabut keberkahan hartanya, sehingga sebanyak apapun harta yang dimilikinya, dia tidak akan pernah merasa puas dan merasa cukup dari anugrah tersebut.

Bila anda seorang pengusaha, pilih harga yang masuk akal untuk barang dagangan anda. jangan memanfaatkan hajat orang lain demi mengambil keuntungan yang sebesar-besarnya. Ingat, siapa yang memudahkan orang lain dalam urusan dunia, maka Allah akan memudahkan urusannya didunia dan akhirat.
 

Dan siapa yang menyulitkan orang lain, maka hidupnya akan dipersulit, karena balasan sesuai dengan perbuatan. Bahkan dikwatirkan apabila dia selalu menyulitkan orang lain, maka do'a orang-orang yang tak tertolak do'anya yaitu mereka yang merasa terdzolimi akan menimpanya.
Karena Allah tidak pernah lalai dari perbuatan hamba-hamba--Nya.

(Faidah dari Syaikh DR. Muhammad bin Muhammad Al-Mukhtar As Syinqity -hafidzahullah-)

Sebuah Renungan

ربما تكون نائما ؛ فتقرع أبواب السماء عشرات الدعوات لك من فقير أعنته بالقليل، أو
حزين أسعدته أو عابر ابتسمت له، فلا تستهين بفعل الخير أبدًا

"Saat engkau terlelap tidur, boleh jadi pintu-pintu langit diketuk oleh puluhan doa yang memohonkan kebaikan untukmu.. (Do'a itu datang) dari si fakir yang pernah engkau tolong, dari orang yang lapar yang pernah engkau beri makan, dari orang sedih yang pernah engkau bahagiakan, dari orang yang pernah berpapasan denganmu dan kau beri senyuman untuknya, atau dari orang yg dihimpit kesulitan yang telah engkau lapangkan. Maka jangan pernah meremehkan sebuah kebajikan untuk selama lamanya.."

(Perkataan ini dinisbatkan kepada Ibnul Qoyyim Al Jauziyah. Wallahu a'lam)
________________
Madinah 25- 04 -1435 H
ACT El Gharantaly



438. HUKUM MENJUAL/MENYEWAKAN SEGALA SESUATU YANG BERHUBUNGAN DENGAN PERAYAAN HARI-HARI BESAR ORANG KAFIR

As Syaikh (Ibnu Taimiyah) mengatakan:

"Diharamkan menghadiri perayaan hari-hari besar Yahudi, Nasrani dan perayaan lainnya dari kalangan orang kafir. Sebagaimana diharamkan juga menjual sesuatu kepada mereka dihari itu".
Di dalam kitab Al-muntaha disebutkan bahwa,
"Tidak ada jual beli antara kita dan mereka pada hari itu, tidak juga saling bertukar hadiah. Karena di dalamnya ada unsur pengagungan terhadap mereka. Pelarangan ini hukumnya sama dengan pelarang memulai mereka dengan ucapan salam"
Diharamkan jual beli atau menyewakan sesuatu yang akan dipakai untuk membangun gereja, patung, berhala dan lain sebagainya seperti salib, karena perbuatan tersebut termasuk menolong mereka dalam kekufuran. Allah Azza wa Jalla berfirman:

ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَىٰ ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ

Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya (al-Mâidah: 5: 2)

 Diharamkan bagi kaum muslimin mengikuti segala sesuatu yang menjadi kekhususan mereka seperti hari raya mereka, karena (keikutsertaan) merupakan bentuk tasyabbuh (penyerupaan) dengan mereka. Sementara tasyabbuh dengan orang-orang kafir dilarang berdasarkan konsensus para ulama serta hadits yang ada. Wajib (bagi pemerintahh) untuk menjatuhkan sangsi bagi pelakunya.
(Lihat Kasyful Qinaa' Jilid 3 hal: 131)
Catatan:
Katakan Inilah jalanku..
________________
Jeddah 21 shafar 1436 H
ACT El Gharantaly




000. Saat Kita Harus Memilih

Yahya bin Mua'adz pernah mengatakan: 

: "ترك لذات الدنيا المحرمة شديد ، ولكن فوات الجنة أشد"

 " Meninggalkan kelezatan dunia yg diharamkan itu merupakan sesuatu yang berat. Namun kehilangan surga jauh lebih berat lagi".

Rasulullah -shallallahu alaihi wasallam- bersabda: 

حُجِبَتْ النَّارُ بِالشَّهَوَاتِ وَحُجِبَتْ الْجَنَّةُ بِالْمَكَارِهِ

"Neraka diliputi oleh syahwat sedangkan surga diliputi oleh sesuatu yang tidak disukai." (Muttafaq 'Alaih dari Abu Hurairah Radhiyallahu 'Anhu)

Maksud dari sabda beliau -shallallahu alaihi wasallam- bahwa surga diliputi oleh sesuatu yang tak disukai adalah karena beratnya beban yang harus dipikul oleh seorang perindu surga. Dia dituntut untuk melaksanakan ketaatan serta bersabar dan ridho terhadap pahit manisnya taqdir Allah.
Sementara untuk masuk ke dalam neraka tidak demikian, siapa saja boleh masuk. Cukup lakukan apa yang diinginkan hawa nafsu sepuas-puasnya. Terjang semua larangan dalam kamus syariat. Tak perlu sholat, tak perlu puasa dll.
 

Ringkasnya Bebas, Freedom tanpa kekangan...
Seperti apa yaa...?????
simak jawaban Al-Qur'an:

وَالَّذِينَ كَفَرُوا يَتَمَتَّعُونَ وَيَأْكُلُونَ كَمَا تَأْكُلُ الْأَنْعَامُ وَالنَّارُ مَثْوًى لَهُمْ

‘Dan orang-orang kafir bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang. Dan jahannam adalah tempat tinggal mereka.‘
(QS. Muhammad: 12),


ذَرْهُمْ يَأْكُلُوا وَيَتَمَتَّعُوا وَيُلْهِهِمُ الْأَمَلُ فَسَوْفَ يَعْلَمُونَ

‘Biarkanlah mereka (di dunia ini) makan dan bersenang-senang dan dilalaikan oleh angan-angan (kosong), maka kelak mereka akan mengetahui (akibat perbuatan mereka)‘ (QS. Al Hijr: 3)
-----------------------
Madinah Ahad, 09-04-1435 H
ACT El Gharantaly
 
446. Bisikan Hati

Sebagian orang kadang menafsirkan bagusnya perangaimu sebagai sebuah kelemahan.
Itu karena mereka tidak mengetahui kasih tanpa balas budi.
Sebagian lagi menafsirkan kebaikanmu dengan kegilaan atau pngecut, karena dia tidak terbiasa hidup keculi dengan hati yang hitam.

Seperti itulah hidup... Selalu saja ada yang tidak suka atau berprasangka buruk terhadap maksud baik kita.
Yang perlu kita lakukan adalah berbuat setulus mungkin.
Lalu berharap kepada Allah serta berpaling dari penilaian manusia.

Ingat...
Tak ada kawan yang bisa selalu bersamamu sepanjang jalanan hidup ini. Bahkan bayangan diri sekalipun, dia akan hilang saat mendung tiba atau malam menjelang.
Apa yang engkau lakukan dengan tulus itulah yang akan menjadi teman hidupmu, selamanya akan selalu bersama hingga akhir waktu.
___________
Riyadh 28 shafar 1436 H
ACT El Gharantaly
 
 
 000. 
MIKIR....

Dalam sholat mungkin kita sering membaca firman Allah:

قُلْ هُوَ ٱللَّهُ أَحَدٌ ﴿١﴾ ٱللَّهُ ٱلصَّمَدُ ﴿٢﴾ لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ ﴿٣﴾ وَلَمْ يَكُن لَّهُۥ كُفُوًا أَحَدٌۢ ﴿٤

Artinya:

1). Katakanlah: Dia-lah Allah, Yang Maha Esa
2). Allah adalah Tuhan yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu
3). Dia (Allah) tiada beranak dan tidak pula diperanakkan
4). Dan tidak ada seorangpun yang setara dengan Dia


Lalu pantaskah lidah yang kita gunakan untuk membaca ayat-ayat tauhid tersebut kita gunakan untuk mengucapkan:

"Selamat atas kelahiran anak Tuhan''
?????

Sekali-kali tidak...
Lidah yang kita gunakan untuk melafadzkan ayat-ayat tauhid sangat tidak pantas kita gunakan untuk mengucapkan kata-kata syirik itu.

Bila ada yang mengatakan, "Kan hanya sekedar basa-basi..!?"
Katakan padanya, "Kesyirikan bukan perkara yang basa-basi bung,"
Sekian..
___________
Riyadh 1/03/1436 H
ACT El Gharantaly



450. PUTRIKU...

Nasehat Syaikh Ali Musthafa Thantawi -rahimahullah- kepada putrinya:
"Wahai putriku.. Pintu ishlah (perbaikan diri) ada dihadapanmu dan kuncinya ada ditanganmu. Jika engkau yakin dan berusaha untuk memasuki pintu itu, maka keadaan akan berubah menjadi baik.
Seandainya engkau tahu bahwa lelaki itu serigala dan engkau adalah kambing, pasti engkau akan lari...
Wahai puteriku.. demi Allah, (tahukah kamu) apa yang dikhayalkan oleh pemuda ketika dia melihat gadis..?
Dia membayangkan gadis itu telanjang dihadapannya..

Demi Allah, jangan percaya kata-kata manis sebagian lelaki yang mengaku bahwa mereka memandangmu penuh kagum kerana akhlak dan budi pekertimu, berbicara denganmu sebagai sahabat atau mencintaimu sebatas teman akrab saja. Bohong! Demi Allah dia bohong...
Wahai putriku, lelaki yang soleh dan baik akan datang kepadamu dengan segala kerendahan hati, menjaga iffah (kehormatan diri) dan menawarkan hubungan yang halal dan terhormat. Dia datang untuk meminang dan menikahimu"
(Rawaa I'utthanthaawy cetakan Daar Al Manaarah)
_________________
Antara Riyadh dan Madinah 02 /03/1436 H
ACT El Gharantaly



451. MEMANDANG LEBIH JAUH

Khalid Ibnu Yazid -rahimahullah- ditanya:
Apakah sesuatu yang paling dekat (dari manusia)...?
Beliau menjawab: "Ajalnya"

Yang paling jauh darinya..?
Beliau menjawab: "Angannya"

"Lalu apa yang paling diharapkan (dapat menyelamatkannya) ?
Beliau menjawab: Amal sholeh.
(As-Siyar 4/383)


Sugguh jawaban yang luar biasa.
Betapa ajal dan kematian begitu dekat dengan kita.
Ia bahkan lebih cepat datangnya dari semua angan yang kita cita-citakan.
Semua kan berlalu bersama kefanaan. Tak ada bekal abadi selain amal sholeh.

Semoga semua berakhir indah...
______
Madinah 03/03/1436 H
ACT El Gharantaly



000. CERMIN SALAF

Renungan Bagi Para Suami Dan Calon Suami
Suatu hari Malik bin Dinar melihat seorang laki-laki yang buruk sekali sholatnya.
Diapun berkata: "Sungguh aku amat kasihan terhadap keluarganya.
Lantas seseorang bertanya kepadanya, "Yang buruk adalah sholat orang ini, mengapa engkau justru mengkwatirkan keluarganya..?
Malik bin Dinar menjawab: "Dia orang tertua ditengah-tengah keluarganya dari dialah keluarganya akan belajar".

(Al Hilyah: 2/384)

 Catatan:
Sebelum menikah kebanyakan pria sibuk mempersiapkan kemapanan lahiriah saja, sangat sedikit yang memperhatikan kemapanan batiniyah. Padahal seharusnya dia mempersiapkan diri baik secara lahiriyah maupun batiniyah. Sebab dia bukan saja sebagi suami untuk istrinya ataupun Ayah bagi anak-anaknya. Tapi dia adalah nahkoda, murabbi, pendidik dan cermin hidup bagi keluarganya, baik dalam urusan duniawi maupun ukhrowi.
____________
Madinah 04/03/1436 H
ACT El Gharantaly



DALAM SUNYI

Disini... kita semua sedang menunggu..
Lalu mengakhirinya dengan berbagai jenis ending..
Semoga semua berakhir indah ..
Dalam husnul khotimah..

__________
Madinah 06/03/1436 H
ACT El Gharantaly




454. CINTA PADA PANDANGAN PERTAMA
Aku benar-benar heran dengan orang yang mengaku ,"Jatuh cinta pada pandangan pertama". Aku hampir tak bisa mempercayainya. Bagiku cintanya tersebut tak lebih dari sekedar dorongan syahwat semata.
(Ibnu Hazm dalam Thuuq Al Hamaamah: 125)
___________
Madinah 07/03/1436 H
ACT El Gharantaly



455. JANGAN JADI PINTU DOSA BAGI ORANG LAIN
(Untuk Kita Renungkan)

 Dustur Ilahi:
"Katakanlah (wahai Muhammad) kepada orang-orang yang beriman supaya mereka menyekat pandangan mereka (daripada memandang yang haram), dan memelihara kehormatan mereka. Yang demikian itu lebih suci bagi mereka; sesungguhnya Allah Amat Mendalam PengetahuanNya tentang apa yang mereka kerjakan."
(An-Nur 24:30)


Catatan:
Akhir-akhir ini kita mungkin sering melihat halaman FB saudara-saudara kita dipenuhi dengan tautan-tautan video yang memuat gambar wanita tak berhijab dan disertai iringan musik. Kami tidak bicara soal spam yang belakangan ini tersebar di dumay. Tapi soal video atau gambar yang sengaja dibagikan segelintir orang melalui tautan. Entah itu berupa Film, Video edukasi atau apapun.
Tentunya ini adalah hal yang menyedihkan, namun yang lebih menyedihkan lagi bila ini dilakukan oleh orang-orang yang sudah ngaji dan mengenal dakwah.
Kita tidak ragu lagi bahwa memandang wajah wanita muslimah dan berhijab namun bukan mahram adalah sesuatu yang dilarang, bagaimana bila wanita tersebut kafir dan tak berhijab..?

Cobalah berfikir sejenak, apa maslahat dari semua itu.?
Dahulu.. Imam Ahmad sangat tidak suka bila pandangannya jatuh pada ahli bid'ah atau orang kafir.
Namun hari ini sebagian dari kita menjadikan mereka sebagai tontonan yang menguras waktu.
Anehnya sebagian orang menganggap itu adalah hal yang biasa-biasa saja.

Dahulu.. Saat menunaikan haji wada', Seorang wanita datang menghampiri tunggangan Rasulullah untuk menanyakan satu permasaalahn seputar haji. Saat itu Rasulullah sedang memboncengi Al Fadl Abdullah bin Abbas -radhiallahu anhuma-. Ketika mengetahui bahwa Al Fadhl melirikkan pandangan ke arah wanita itu, Rasulullahpun mengalihkan wajah Al Fadhl Ibnu Abbas dengan tangannya sendiri.
Apakah iman kita jauh lebih tinggi dari ibnu Abbas..?
Allahul mustaan..
Mari jujur terhadap diri sendiri...
Kita terlalu lemah dihadapan fitnah..
Ini bukan masaalah sepele..
Jangan sampai kita menjadi jembatan fitnah bagi orang lain, terutama bagi dakwah yang sedang kita usung.

Mungkin ada yang bertanya. .?
Bagaimana dengan video edukasi..?
Kami katakan:
Masih banyak video edukasi yang tidak melibatkan wanita dan musik..
Bila anda mampu, silahkan buat video yang semisal, itu jauh lebih bermanfaat bagi ummat ketimbang membagikan tautan yang bisa menjadi pintu maksiat dan fitnah bagi orang lain sekalipun dibungkus dengan alasan maslahat.

Wallahu a'lam
Semoga Allah membimbing kita semua agar tetapnistiqomah di jalan yang hak.
__________
Madinah 07/03/1436 H
ACT El Gharantaly



456. TANDA TANYA
Menari di atas perpecahan Ahlussunnah
Itulah realita Syi'ah di nusantara kita.
Kenali siapa musuh kita sebenarnya.

Sebenarnya kita kuat...
Tapi perpecahan melemahkan kita..
Disaat yang lain merangkul berbagai elemen sunni
ada segelintir orang yang siang malam mengeluarkan orang dari Ahlussunnah..

Entahlah, kapan semua ini berakhir...
?????
_________
Bumi Allah




457. AWAS..!! MURKA ALLAH TURUN BAGI YANG MERAYAKAN TAHUN BARU

Umar radhiallahu anhu mengatakan:
"Jauhilah musuh-musuh Allah pada momentum hari raya mereka" (HR. Baihaqi))
Beliau juga mengatakan, "Janganlah kalian mengunjungi kaum musyrikin di gereja-gereja (rumah-rumah ibadah) mereka pada momentum hari besar mereka, karena sesungguhnya kemurkaan Allah akan turun atas mereka"

Sementara Abdullah bin Amr –radhiallahu anhuma- mengatakan: "Barangsiapa yang tinggal dinegeri orang ajam (non muslim) lalu turut merayakan hari raya Nairuz dan Mahrajan bersama mereka dan ikut serta turut menyerupai mereka, kemudian dia mati dalam keadaan demikian, maka pada hari kiamat kelak dia akan dibangkitakan bersama mereka" (Sunan Al Kubro jilid: 9/243)

Hari raya Nairuz merupakan perayaan tahun baru Majusi, sama seperti perayaan Tahun baru Masehi. Dan atsar-atsar diatas sangat jelas menunjukkan haramnya merayakan pesta tahun baru bagi seorang muslim.

Sahabat fillah....
Mari merenung sejenak...

Sungguh Allah telah memuliakan kita dengan Islam.
Kitapun memiliki momentum perayaan sendiri yg lebih baik dari hari raya mereka. Tidak pantas bagi umat pilihan turut serta dalam perayaan hari besar non muslim. Karena hal tersebut merupakan bentuk tasyabbuh (penyerupaan) yang dilarang. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda:

"Barangsiapa yang meniru-niru suatu kaum, maka dia adalah bagian dari kaum itu".
Maukah anda menjadi bagian orang-orang yang di murkai Allah.?
Padahal Allah azza wa jallah berfirman:

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

“Barangsiapa mencari agama selain dari agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi.” (Ali ‘Imran : 85)
Sahabat... Tahun baru bukan sekedar tiupan terompet semata, tapi soal aqidah yang tergadaikan
____________
Madinah 07/03/1436 H
ACT El Gharantaly



459. Lelah Dan Selalu Berujung Sepi.

Begitulah akhir kisah setiap orang yang hanya mau berteman dengan orang yang sempurna.
Raja bin Haiwah -rahimahullah- berkata:
“Barangsiapa yang hanya mau bersahabat dengan orang yang (menurutnya) tidak tercela, akan sedikit sahabat yang dimilikinya.
Barangsiapa yang hanya mengharapkan ketulusan dari sahabatnya untuk dirinya, maka ia akan selalu mendongkol.
Dan barangsiapa yang mencela sahabatnya atas setiap dosa yang dilakukannya, dia akan banyak memiliki musuh.”

(“Siyaru A’laamin Nubalaa’ IV:557)

Pepatah arab mengatakan:

من ذا الذي ماساء قط؟
ومن له الحسنى فقط؟


Siapakah yang tak pernah salah…?
Dan siapakah yang hanya punya kebaikan saja..?

Harus kita sadari, bahwa seonggok daging yang bernama manusia itu merupakan tempat salah dan lupa. Menuntut kesempurnaan darinya hanya akan membuat kita lelah.
Mencari sahabat yang sempurna tanpa cela seperti menegakkan benang basah, usaha yang sia-sia dan akan selalu berakhir sepi tanpa kawan.
Berhentilah menuntut kesempurnaan dari sahabatmu, karena kesempurnaan hanya milik Allah.
__________
Madinah 07/03/1436 H
ACT El Gharantaly


0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen