Mittwoch, 22. Oktober 2014

TUGAS SETIAP DA'I DAN MURABBI (PENDIDIK) DI ZAMAN FITNAH

Dalam Khutbahnya Habib Dr. Husein Bin Syarief Al Abdaly, kepala bidang kemahasiswaan Universitas Islam Madinah mengajak para Da'I, Murabbi serta para Muslihin agar mengembalikan umat kepada Ulama, menjadikan mereka sebagai rujukan dalam menghadapi berbagai fitnah dan persoalan keumatan. Beliau juga mengajak para Da'I dan Murabbi untuk mengembalikan para pemuda ke majelis ilmu dan menumbuhkan kembali kepercayaan mereka pada Ulama yang rasikh. "Inilah tugas mereka" tegas beliau. Beliau juga mengingatkan pada para penuntut ilmu untuk tidak ikut campur membicarakan persoalan-persolan besar yang menjadi tugas ulama.

Diakhir khutbah beliau menyebutkan 4 kiat yang harus dilakukan seorang muslim agar diteguhkan dizaman fitnah

1. Membaca Al-Qur'an dengan penuh tadabbur

كَذَٰلِكَ لِنُثَبِّتَ بِهِ فُؤَادَكَ ۖ وَرَتَّلْنَاهُ تَرْتِيلًا

"Begitulah, supaya kami kuatkan hatimu dengannya dan kami membacanya secara tartil (teratur dan benar).” (Al-Furqaan: 32)

2. Membaca Kisah Para Nabi dalam mengemban misi nubuwah

وَكُلا نَقُصُّ عَلَيْكَ مِنْ أَنْبَاءِ الرُّسُلِ مَا نُثَبِّتُ بِهِ فُؤَادَكَ وَجَاءَكَ فِي هَذِهِ الْحَقُّ وَمَوْعِظَةٌ وَذِكْرَى لِلْمُؤْمِنِينَ

“Dan semua kisah para rasul Kami ceritakan kepadamu, ialah kisah-kisah yang dengannya Kami teguhkan hatimu; dan dalam surat ini telah datang kepadamu kebenaran serta pengajaran dan peringatan bagi orang-orang yang beriman.” (QS. Huud: 120).

3. Mengamalkan Ilmu

وَلَوْ أَنَّهُمْ فَعَلُواْ مَا يُوعَظُونَ بِهِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُمْ وَأَشَدَّ تَثْبِيتًا

“Dan sekiranya mereka benar-benar melaksanakan perintah yang diberikan, nisacaya itu lebih baik bagi mereka dan lebih menguatkan (iman mereka).” (An Nisaa: 66).

"Kalau saja mereka menyerahkannya kepada Rasul dan ulil amri di antara mereka, tentulah orang-orang yang ingin mengetahui kebenarannya akan dapat mengetahuinya dari mereka (Rasul dan ulil amri). Kalau bukan karena karunia dan rahmat Allah kepada kalian, tentu kalian mengikuti setan, kecuali sebagian kecil saja (di antara kalian).” (an-Nisa: 83)

4. Berdo'a

ولولا أن ثبتباك لقد كدت تركن إليهم شيئا قليلا

"Dan kalau Kami tidak memperkuat (hati)mu, niscaya kamu hampir hampir condong sedikit kepada mereka". (Al Israa:74).

يثبت الله الذين امنوا بالقول الثابت في الحياة الدنيا وفي الاخرة ويضل الله الظالمين ويفعل الله ما يشاء

"Allah meneguhkan orang orang yang beriman dengan ucapan yang teguh dalam kehidupan dunia dan di akherat, dan Allah menyesatkan orang orang yang zalim dan Dia berbuat apa yang Dia kehendaki." (Ibrahim : 27)

20-05-1435 H


0 Kommentare:

Kommentar veröffentlichen